> >

Bakamla RI Bantu Kampung Nelayan Lawan Virus Corona Covid-19

Berita kompas tv | 13 April 2020, 12:11 WIB
Petugas menyemprotkan disinfektan (12/4/2020) (Sumber: Humas Bakamla RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakamla RI membantu kampung-kampung nelayan agar terhindar dari penyebaran wabah virus Corona. Upaya membantu desa-desa pesisir ini dilakukan pada Minggu, 12 April 2020.

Kepala Badan Keamanan Laut RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia menginstruksikan kepada kepala kantor di wilayah beserta jajarannya melakukan upaya mendukung wilayah pesisir dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Bakamla memang memiliki tugas pengamanan wilayah laut, tetapi tidak dapat dipisahkan dengan wilayah daratan yang masih berhubungan dengan laut, maka perhatian kami juga pada desa dan warga pesisir khususnya para nelayan. Mendukung program penanganan wabah Covid-19 di darat menjadi tugas kami juga selain pengamanan wilayah laut," ujar Laksamana Madya TNI Aan Kurnia.

Sementara itu Kepala Zona Maritim Timur Laksamana Pertama Bakamla Airf Sumartono berinisiatif untuk terjun langsung bersama anak buahnya dengan menyediakan peralatan kesehatan diri seperti masker dan disinfektan.

"Kami berupaya dengan daya yang ada untuk mendukung pemerintah dalam penanganan wabah Covid-19, melalui bantuan penyemprotan, pembagian disinfektan dan penyuluhan sosial kepada warga masyarakat di sekitar lingkungan kami" papar Pati lulusan Akabri Laut Angkatan 34 ini.

Kabakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia berharap upaya yang dilakukan jajarannya ini dapat meningkatkan perhatian pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk juga memberikan perhatian kepada desa pesisir yang meskipun jauh dari perkotaan, cukup rentan untuk terjangkiti wabah Covid-19 ini.
 

Penulis : Sadryna-Evanalia

Sumber : Kompas TV


TERBARU