> >

Kabar Baik, Kemenparekraf Sediakan Empat Hotel Untuk Tenaga Medis dan Gugus Tugas Covid-19

Berita kompas tv | 29 Maret 2020, 14:27 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio dan jajarannya saat kunjungi hotel di Jakarta, Sabtu kemarin (28/3/2020). Kunjungan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini untuk memastikan kesiapan hotel yang menjadi akomodasi bagi tenaga medis dan gugus tugas sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah virus corona atau Covid-19. (Sumber: Humas Kemenparekraf)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio mengunjungi Novotel Cikini, Jakarta, Sabtu kemarin (28/3/2020).

Kunjungan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu tak lain untuk memastikan kesiapan hotel yang akan menjadi akomodasi bagi tenaga medis dan gugus tugas yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Ini Syarat Bagi Petugas Medis Covid-19 Untuk Tinggal di Hotel

Hal itu dilakukan Wishnutama setelah konferensi pers penyerahan sarana akomodasi untuk mendukung Satgas Covid-19 di Gedung BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

“Kami memastikan seluruh prosedur yang diberlakukan terhadap tenaga medis yang akan diinapkan di hotel ini,” ujar Wishnutama, kepada awak media. 

“Dimulai dari melewati disinfection chamber, pengukuran suhu tubuh, dan penyediaan sarana hand sanitizer di area masuk lobby hotel,” tuturnya. 

Menparekraf Wishnutama didampingi Wakilnya Angela Tanoesoedibjo, Deputi Bidang Pemasaran Nia Niscaya, dan Juru Bicara untuk Satgas Covid-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema.

Selama kunjungan itu mereka melihat langsung proses check in di area lobby. 

Dalam proses itu, pihak hotel menerapkan konsep physical distancing dengan ketat, termasuk meminimalisasi kontak fisik. 

Selanjutnya, nanti tenaga medis dan anggota gugus tugas yang sebelumnya sudah didaftarkan oleh pihak rumah sakit rujukan untuk menginap hanya diminta menunjukkan foto identitas diri melalui layar smartphone mereka.

Dari situ akan disesuaikan dengan data yang ada, lalu diinformasikan nomor kamar. 

Di meja receptionist, pihak hotel telah menyiapkan sarung tangan sintetis dan hand sanitizer. 

Setelah mendapat nomor kamar, lanjut Wishnutama, tenaga medis berjalan ke selasar lobby menuju meja-meja yang telah diletakkan kunci kamar sesuai dengan nomor kamar.

Penulis : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU