> >

Cara Mudah dan Mandiri Cegah Terjangkit Virus Corona

Kompas siang | 28 Januari 2020, 14:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah langkah telah diambil pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Meski langkah antisipasi penyebaran virus Corona telah dilakukan, namun masyarakat sebaiknya juga paham cara mencegah penyebaran virus ini secara mandiri.

Pencegahan virus Corona secara mandiri ini sangat penting, meskipun pemerintah sudah mengambil langkah untuk mencegah virus ini, seperti di bandara sudah dipasang alat pendeteksi suhu tubuh dan pemerintah sudah menyiapkan 100 rumah sakit yang memiliki ruang isolasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: 100 Rumah Sakit Siaga Virus Corona

Menurut Ari Fachial Syam selaku Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, virus Corona ini suatu virus yang menyebabkan infeksi paru-paru, seperti dulu ada SARS yang satu grup dengan Corona.

Salah satu caranya untuk mencegah terkena penyakit virus Corona ini adalah hidup sehat, makan buah, dan sayur-sayuran.

Untuk bersin dan batuk juga dijaga karena bisa menularkan orang lain. Maka, jika batuk dan bersin harus ditutup agar tidak tersebar bakterinya dari tubuh.

Begitu juga jika ada orang batuk dan bersin, segeralah menutup hidung dan mulut kita. Sering-sering mencuci tangan sebelum mencicipi makanan, dan jangan lupa pakai masker setiap hari jika ke luar rumah.

Baca Juga: Pencegahan Virus Corona: Sudah Benarkah Cara Anda Memakai Masker?


 

Penulis : Merlion-Gusti

Sumber : Kompas TV


TERBARU