> >

Tebing Setinggi 12 Meter Longsor Akibat Hujan Deras Timbun Jalan Utama

Berita kompas tv | 11 Januari 2020, 15:41 WIB

Akibat diguyur hujan deras, tebing setinggi 12 meter di Banyumas, Jawa Tengah, Jumat petang, longsor dan menutup total jalan yang menghubungkan dua wilayah kecamatan.

Tebing setinggi sekitar 12 meter di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah ini, longsor dan menutup total jalan raya kabupaten.

Puluhan warga sekitar bersama aparat TNI, relawan pun, langsung bergotong royong membersihkan material tanah dan menyingkirkan pohon yang ikut terbawa longsor. Hal ini dilakukan, agar arus lalu lintas kendaraan dan aktivitas masyarakat di dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Kedungbanteng dan Karanglewas secepatnya berjalan normal kembali.  

Untuk sementara waktu, arus kendaraan yang biasanya melintas di jalur ini, dialihkan ke jalan desa lain yang jarak tempuhnya lebih jauh karena jalur penghubung yang tertimbun longsor. Selain menghambat aktivitas masyarakat, dua rumah warga yang berada di samping persis tebing longsor, juga terancam ambruk, karena kondisi tanah di dua bangunan rumah tersebut cukup labil. 

Penulis : Dea-Davina

Sumber : Kompas TV


TERBARU