> >

Belum Padam, Dampak Terkini Karhutlah Riau

Berita kompas tv | 22 September 2019, 21:50 WIB

Hingga malam tim satgas Gabungan BPBD Manggala Agni TNI dan Polri masih terus melakukan pemadaman karhutla di desa Rimbo Panjang kabupaten Kampar Riau. Kebakaran di lokasi ini kembali terjadi padahal sebelumnya petugas telah berhasil memadamkan titik api.

Sejak sore api kembali muncul dan menghanguskan 4 hektar lahan gambut dan semak belukar. Api mulai mendekati permukiman warga dan hanya berjarak 500 meter dari SPBU.

Kabut asap pekat yang menyelimuti kota Pekanbaru Riau menyebabkan kualitas udara masuk pada level berbahaya. Selain mengganggu kesehatan masyarakat kabut asap mulai mengganggu aktivitas perekonomian dan transportasi warga.


Sedangkan upaya pemadaman karhutla di desa Rimbo Panjang kabupaten Kampar hingga saat ini masih terus dilakukan tim satgas gabungan. Sementara itu kabut asap pekat yang menyelimuti kota Pekanbaru Riau menyebabkan aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru terganggu.

Empat pesawat terpaksa harus dialihkan yakni penerbangan Lion Air dan Batik Air dialihkan ke Batam. Citilink dialihkan menuju Tanggerang dan Malindo Air dialihkan ke Subang.Menurut pihak bandara pengalihan penerbangan dilakukan karena jarak pandang di bawah 800 meter akibat kabut asap.

Sementara itu di provinsi Bangak Belitung kabut asap yang sejak sepekan menyelimuti sebagian wilayah kepulauan Bangka Belitung terus meluas dan masih belum tertangani.

Dampaknya jarak pandang tidak lebih dari 10 meter dan mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Jika sebelumnya kabut asap melanda kabupaten Bangka dan sekitarnya kini kabut asap meluas hingga ke kabupaten Bangka Tengah. Desa Penyak dan Tanjung Pura Sungai Selan adalah desa-desa terparah terpapar kabut asap.

Guna menghindari gangguan pernapasan warga diimbau untuk menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

#Kebakaran #Riau #Kebakaranhutan

Penulis : Imanuel-Gilang-Krisjanuar

Sumber : Kompas TV


TERBARU