> >

Rekor, Suhu di Inggris Capai 38 Derajat Celsius

Kompas dunia | 29 Juli 2019, 11:35 WIB

Panasnya suhu udara membuat warga London mendatangi tempat-tempat berhawa sejuk, seperti kolam renang atau sungai. Di tempat ini, mereka berendam atau sekadar menurunkan suhu tubuh di udara terbuka.

Pada hari Kamis (25/7) waktu setempat, suhu udara di Kota London tercatat 38,1 derajat celcius. Suhu ini jadi yang terpanas dan mengalahkan rekor suhu terpanas di Inggris, empat tahun lalu yang mencapai 36,7 derajat celcius.

Panasnya udara juga membuat banyak tumbuhan mengering. Di beberapa jalur kereta api, suhu panas membuat tanaman semak terbakar dan mengganggu perjalanan kereta api.

Untuk mencegah rel semakin memuai akibat suhu panas, pemerintah Inggris telah meminta seluruh kereta bergerak lebih lambat demi keselamatan perjalanan.

Rekor suhu tinggi juga terjadi beberapa negara Eropa, seperti Belgia, Jerman, dan Belanda yang suhunya kini di atas 40 derajat celcius. Di Perancis, ketika suhu mencapai 41 derajat celcius membuat pemerintah mengeluarkan peringatan siaga merah dan meliburkan aktivitas pendidikan.

#SuhuPanas #Eropa #London

Penulis : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU