> >

Gibran Sebut PDIP Masih Favorit di Pilkada Surakarta: Banyak Tokoh Juga yang Mendaftar

Politik | 17 April 2024, 08:42 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Labib Zamani)

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menjadi favorit dalam kontestasi Pemiihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024.

”Oh iya (masih favorit). Pasti-pasti,” kata Gibran, dikutip Kompas.id, Selasa (16/4/2024).

Menurut Gibran, sudah banyak tokoh yang mendaftar sebagai kandidat wali kota maupun wakil wali kota melalui PDIP.

”Ya, sudah ramai (yang mendaftar). Banyak tokoh juga yang mendaftar,” kata Gibran, menjawab pertanyaan soal penjaringan bakal calon kepala daerah yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang PDI-Perjuangan Kota Surakarta,

Diketahui, hingga Senin (15/4/2024) sudah ada lima calon kandidat yang mendaftarkan diri melalui partai berlambang banteng tersebut.

Baca Juga: Gibran Ingin Bertemu Para Tokoh, Ganjar: Pintu Saya Tidak Pernah Tertutup

Dari lima pendaftar, dua orang melamar jabatan wali kota, sedangkan tiga lainnya mendaftara untuk posisi wakil wali kota.

Pendaftar pada jabatan wali kota adalah Ginda Ferachtriawan dan Rudi Indarto. Ginda merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta periode 2019-2024 dari PDI-P, sedangkan Rudi berlatar belakang pengusaha kuliner.

Sementara pendaftar pada jabatan wakil wali kota adalah Wawanto, Widadi, dan Kusumo Putro. Wawanto merupakan anggota DPRD Kota Surakarta periode 2019-2024 dari PDI-P, sementara Widadi adalah pengusaha dan Kusumo yang berprofesi sebagai pengacara.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.id


TERBARU