> >

Gerindra Klaim Dapat Tambahan Kursi DPR dan DPRD dari "Kandang Banteng" Jateng

Rumah pemilu | 11 Maret 2024, 20:56 WIB
Rombongan Partai Gerindra tiba di KPU RI, Jakarta, Sabtu (13/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Jawa Tengah mengklaim adanya penambahan kursi di DPR dan DPRD dari hasil Pemilu 2024. 

Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) Sudaryono menjelaskan kursi DPRD Jawa Tengah meningkat signifikan dari Pemilu 2019. 

Pada Pemilu 2019 perolehan kursi Gerindra di DPRD Jateng sebanyak 13 kursi, sedangkan pada Pemilu 2024 bertambah empat kursi menjadi 17 kursi.

Tak hanya di DPRD, DPR RI juga mendapat tambahan dua kursi dari daerah pemilihan di Jateng yang merupakan "kandang banteng", lumbung suara PDI Perjuangan. 

Semula Gerindra hanya mendapat 8 kursi dari "kandang banteng" Jateng. Di Pemilu 2024, Gerindra mendapat tambahan dua kursi sehinga menjadi 10 kursi. 

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Dominan di Jateng, Berapa Suara AMIN dan Ganjar-Mahfud?

 

"Untuk DPRD kabupaten/kota, berdasarkan hitungan sementara yang kami terima dari pleno-pleno naik sekitar 26 kursi," ujar Sudaryono, Senin (11/3/2024) dikutip dari Antara. 

Sudaryono menambahkan jika ditotal, adanya penambahan 26 kursi membuat perolehan Gerindra di DPRD kabupaten/kota se-Jateng pada pemilu tahun ini mencapai 195 kursi, dari sebelumnya 169 kursi.

Meski ada kenaikan signifikan, namun Partai Gerindra belum bisa mengusung gubernur dan wakil gubernur sendiri dalam Pilkada serentak pada November 2024 mendatang. 

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU