> >

Guru Besar UNHAS: Banyak Ketidakpuasan di Akar Rumput, Tingkat Kepuasan Jokowi 80% Omong Kosong

Rumah pemilu | 8 Februari 2024, 12:47 WIB
Prof Triyatni Martosenjoyo, Guru Besar UNHAS, saat dihubungi dalam program Satu Meja The Forum yang tayang di KompasTV, Rabu (7/2/2024). (Sumber: YouTube Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prof Triyatni Martosenjoyo, Guru Besar Universitas Hasanuddin, menyebut tingkat kepuasan rakyat terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang disebut sebesar 80 persen merupakan omong kosong.

Triyatni menilai, banyak ketidakpuasan di akar rumput selama kepemimpinan Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Triyatni dalam program Satu Meja The Forum yang tayang di Kompas.TV pada Rabu (7/2/2024) malam.

"Kami jauh memang dari Jakarta, tetapi itu tidak berarti bahwa kami tidak mengikuti perkembangan negeri yang terjadi," bukanya.

"Jadi selama 9 tahun, kita semua menyaksikan bahwa institusi-institusi negara ditabrak. Institusi negara yang seharusnya ditujukan untuk memberi rasa keadilan pada masyarakat kemudian diobrak-abrik dan direkayasa untuk tujuan kepentingan personal dari Presiden Jokowi."

"Jadi kita enggak bisa lagi berdusta, walaupun semua koran-koran, media-media menyatakan bahwa tingkat kepuasan rakyat kepada Presiden Jokowi 80 persen, tetapi faktanya, di akar rumput banyak sekali terjadi ketidakpuasan," sebutnya.

Triyatni mengatakan, jika benar tingkat kepuasan rakyat terhadap Jokowi sebesar 80 persen, maka seharusnya tidak ada suara rakyat yang dibungkam.

Ia juga menilai, tingkat kepuasan Jokowi tersebut hanya rekayasa dan omong kosong belaka.

Baca Juga: Guru Besar UGM Koentjoro: Kesalahan Fatal Kita Menempatkan Jokowi Terlalu Tinggi

"Bagaimana mungkin, tingkat kepuasan 80 persen tetapi suara dibungkam. Kalau tingkat kepuasan 80 persen, presiden tidak perlu membungkam suara rakyat. Tingkat kepuasan 80 persen, rektor tidak perlu ditekan. Tingkat kepuasan 80 persen, itu menunjukkan hasil konstruksi istana untuk menipu masyarakat," ujarnya.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU