> >

Potensi Cuaca Ekstrem 3-10 Januari 2024 dari Aceh hingga Papua, Ini Imbauan BMKG

Peristiwa | 3 Januari 2024, 21:22 WIB
Ilustrasi. BMKG memberi peringatan potensi cuaca ekstrem di berbagai wilayah pada 3-10 Januari 2024. (Sumber: sekretariat presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi cuaca ekstrem di berbagai wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua pada 3-10 Januari 2024.

Dalam sepekan terakhir, terjadi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah. 

Potensi tersebut telah diumumkan oleh BMKG dalam rilis sebelumnya, yang menyarankan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dari akhir tahun 2023 hingga awal Januari 2024.

Saat ini, BMKG terus memantau dan mengupdate kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem hingga pertengahan Januari 2024.

Analisis terkini menunjukkan adanya dinamika atmosfer yang berpotensi memicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan mendatang.

Cuaca ekstrem ini dikarenakan Monsun Asia Musim Dingin atau musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens.

Selain itu, aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang-lebat di beberapa wilayah.

Kondisi-kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktifitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari kedepan.

Faktor dinamika lain yang turut memperkuat potensi tersebut adalah terbentuknya pola pertemuan angin dan belokan angin di sekitar wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Baca Juga: Analisis BMKG soal Gempa M 5,9 yang Guncang Banten, Dipicu Deformasi Lempeng Indo-Australia

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU