> >

Ingat! Vaksin Covid-19 Mulai Berbayar per 1 Januari 2024, tapi Gratis untuk Dua Kelompok Ini

Humaniora | 1 Januari 2024, 08:43 WIB
Ilustrasi. Mulai 1 Januari 2024, vaksin Covid-19 yang tadinya gratis, akan menjadi berbayar. (Sumber: Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai 1 Januari 2024, vaksin virus corona (Covid-19) yang selama ini diberikan secara gratis, akan menjadi berbayar. Namun, ada pengecualian bagi kelompok tertentu.

Seperti diketahui, mulai 2024, vaksin Covid akan masuk dalam program imunisasi nasional.

“Ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi Covid-19 program dan mendapatkan imunisasi Covid-19 gratis,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu, Minggu (31/12/2023), dalam keterangan tertulisnya.

Menurut penjelasannya, kelompok pertama adalah mereka yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali.

Sementara kelompok kedua adalah yang sudah menerima minimal 1 dosis vaksin Covid-19.

Namun perlu dicatat, baik kelompok pertama maupun kelompok kedua, dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan.

Kemudian ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised (orang yang mengalami gangguan sistem imun) sedang–berat.

Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor HK.01.07/MENKES/2193/2023 Tentang Pemberian Imunisasi Covid-19 Program.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Naik di Jakarta, Dinkes Imbau Masyarakat segera Vaksin Dosis 1-4

Sementara bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kriteria di atas, imunisasi Covid-19 menjadi imunisasi pilihan secara mandiri, dan bisa didapatkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU