> >

Makna Pakaian Capres-Cawapres Pilpres 2024 di Panggung Debat

Rumah pemilu | 22 Desember 2023, 12:57 WIB
Poster debat Cawapres Kompas TV, ini jadwal lengkap debat Cawapres 2024 pertama besok, Jumat (22/12/2023) (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD, akan kembali mengenakan kemeja berlengan panjang warna putih bertuliskan ‘Tas-Tes’ pada debat cawapres Jumat (22/12/2023) pukul 19.00 WIB.

Baju ini adalah yang sama dikenakan Mahfud MD saat mendampingi Ganjar Pranowo debat capres, 12 Desember 2023 lalu. Sementara Ganjar Pranowo mengenakan kemeja berlengan panjang warna putih dengan tulisan ‘Sat-Set.

Mengutip dari Kompas.id, Ganjar-Mahfud melalui pakaian yang bertuliskan ‘Sat-Set’ dan ‘Tas-Tes’ secara tak langsung ingin menyampaikan ke publik bahwa mereka adalah pemimpin dengan pola kerja taktis, cepat, dan tuntas.

“Mereka sudah, sedang, dan pasti akan sat-set, tas-tes,” ucap Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto dihubungi dari Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Eks Penyidik KPK soal Firli Mundur: Itu Bukan Representasi Sifat Ksatria tapi Manfaatkan Momentum

Selain itu, Ganjar menambahkan pakaian hitam dan putih melambangkan sikap berani dan tidak menjadi abu-abu.

“Hitam putih adalah keberanian. Hitam putih adalah sikap untuk tidak menjadi abu-abu. Sebuah keputusan untuk berkata ya atau tidak,” kata Ganjar pada salah satu kesempatan

Bukan hanya Ganjar-Mahfud yang tampil dengan keidentikannya di debat, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga menujukkan hal tersebut.

Anies dan Muhaimin kompak mengenakan peci, kemeja putih yang dibalut jas hitam lengkap dengan pin bertuliskan ‘AMIN’, singkatan Anies-Muhaimin, persis sama dengan foto mereka di surat suara.

Menurut Anies, kemeja bernuansa putih menggambarkan bersih, suci, dan netral serta mudah didapatkan semua kalangan. Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) menambahkan sebenarnya tidak arti khusus di balik baju yang digunakan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU