> >

Penjelasan BMKG soal Cuaca Jadi Lebih Panas Akhir-akhir Ini, Ada Dampak El Nino

Peristiwa | 17 Desember 2023, 12:47 WIB
Ilustrasi panas terik matahari. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Netizen di media sosial baru-baru ini ramai membahas tentang perubahan cuaca yang kembali panas di beberapa wilayah di Indonesia.

Pertanyaan muncul mengapa setelah periode sejuk akibat hujan, kini kondisi cuaca berubah menjadi panas dan terik kembali, seperti yang dibahas oleh pengguna akun @undipmenfess.

“Perasaan kemarin Semarang suasananya enak udh mulai adem sejuk, kok skrg panas lagi yaa. Mana panas bgt uuu, kalian ngerasa sama gasii? -dips!” tulis akun tersebut, Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga: BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem di Akhir Tahun, Masyarakat Diimbau Cek Sebelum ke Gunung atau Pantai

Penjelasan BMKG tentang Cuaca Panas

Menanggapi keheranan netizen, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengkonfirmasi adanya peningkatan suhu di beberapa wilayah dalam beberapa hari terakhir.

Menurut Guswanto, perubahan cuaca panas di beberapa wilayah di Indonesia disebabkan oleh dinamika atmosfer yang kompleks, termasuk dampak El Nino dan Dipole Mode Positif, serta distribusi curah hujan yang belum merata.

“Kondisi tersebut tentunya dipengaruhi oleh kondisi dinamika atmosfer di mana dalam beberapa hari terakhir aktivitas fenomena atmosfer yang cukup berpengaruh terhadap peningkatan curah hujan,” ujar Guswanto, Minggu (17/12).

Baca Juga: Gempa Darat 4,5 M Guncang Tegal, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Gempa Susulan

Guswanto melanjutkan, fenomena El Nino Moderat dan Dipole Mode Positif juga berpengaruh pada penurunan curah hujan di Indonesia.

Analisis kondisi iklim global menunjukkan nilai NINO 3.4 sebesar +1.70 dan nilai Southern Oscillation Index (SOI) sebesar -6.0, yang mengindikasikan adanya El Nino Moderat.

Penulis : Danang Suryo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU