> >

Bila Terpilih Jadi Presiden, Anies Berharap Kosakata Indonesia Bertambah Jadi 250 Ribu

Rumah pemilu | 27 Oktober 2023, 11:38 WIB
Bakal capres dan cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di depan kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal capres Anies Baswedan berharap jumlah kosakata Bahasa Indonesia akan bertambah menjadi 250 ribu dalam lima tahun ke depan. 

Ia mengaku akan mewujudkan program tersebut bila nantinya terpilih menjadi presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

"Jadi saya berharap bisa bertambah menjadi 250 ribu dalam waktu 5 tahun ke depan, sehingga Indonesia bisa lebih kaya," kata Anies usai menghadiri acara orasi kebudayaan di Tugu Kesenian Kuntstring, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2023).  

Baca Juga: Anies Baswedan Ingin Tambah 250 Ribu Kosakata Bahasa Indonesia

Dia menjelaskan, pemerintah memiliki kewajiban untuk melakukan pembangunan budaya. 

"Jadi, pemerintah itu membangun, termasuk pembangunan kebudayaan, termasuk pembangunan literatur dan sastra," kata Anies. 

Menurut dia, dengan keragaman bahasa yang ada di Indonesia, tidak sulit untuk mewujudkan target tersebut. Ia pun meyakini target penambahan 250 ribu kosakata itu dapat tercapai.

"Nah, saya melihat Bahasa Indonesia harus diperkaya dan itu bisa dipercepat menjadi 150 ribu, lalu 200 ribu, 250 ribu," katanya. 

Dalam kesempatan yang sama, Muhaimin mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur harus terus berlanjut.

Meski pembangunan IKN tidak dimasukkan dalam visi, misi, dan program untuk Indonesia 2024-2029, Cak Imin menjelaskan, IKN akan tetap berjalan lantaran Undang-Undang (UU) IKN sudah disahkan DPR. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU