> >

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Diresmikan, Jokowi Sebut KA Argo Parahyangan Tetap Beroperasi

Peristiwa | 2 Oktober 2023, 16:56 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi (Sumber: Twitter @jokowi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan KA Argo Parahyangan tetap beroperasi meski Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh telah diresmikan.

Jokowi menjelaskan, KA Argo Parahyangan tetap beroperasi supaya bisa memberikan opsi moda transportasi kepada masyarakat untuk memilih menggunakan moda transportasi yang terbaik.

"Ya tetap, nanti kan dilihat," kata Jokowi usai meresmikan Whoosh di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi.

"Masyarakat itu diberi banyak pilihan. Masyarakat diberi banyak opsi pilih ini, pilih ini, pilih ini, yang terbaik. Semakin banyak. Termasuk kayak jalan juga sama. Mau lewat jalan yang nasional, silakan. Mau lewat yang tol, silakan," jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan operasi KCJB Whoosh, Senin pagi.

Nama Whoosh senditi merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Sekitar Rp250 Ribu-Rp350 Ribu

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” ujarnya.

Jokowi juga mengatakan, peresmian KCJB Whoosh ini juga menandai berlangsungnya modernisasi transportasi massal di tanah air.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU