> >

Luhut Ungkap Alasan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober

Peristiwa | 2 Oktober 2023, 11:25 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Senin (2/10/2023) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menerangkan bahwa tarif perjalanan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) "Whoosh" masih gratis hingga pertengahan bulan Oktober 2023

Menko Luhut mengatakan, keputusan tersebut diambil karena melihat tingginya antusiasme masyarakat untuk mencoba kereta Whoosh itu.

"Tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB, maka kami bersepakat, hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," ujarnya dalam acara peresmian "Whoosh" hari ini, Senin (2/10/2023) di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur.

Senada, Manager Corporate Communications PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) Emir Monti menjelaskan bahwa usai diresmikan Presiden Jokowi hari ini, pihaknya akan mengoperasikan Whoosh dengan program gratis untuk 8 perjalanan, yakni 4 perjalanan dari KCJB Halim, Jakarta Timur dan 4 perjalanan dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

"Tiketnya bisa dicek di kcic.co.id, masyarakat bisa langsung memesan mana rute dan jadwal yang masih tersedia," kata Emir.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Gratis hingga Pertengahan Oktober

Meski begitu, ia masih belum mengungkapkan besaran tarif perjalanan Whoosh usai program tiket gratis ini berakhir pada pertengahan Oktober mendatang.

"Akan disampaikan ke publik bagaimana skema dan tarif yang akan diterapkan," ujarnya.

Peresmian Whoosh berlangsung pukul 09.00 WIB di Peron 3 & 4 lantai 3 Stasiun KCJB Halim yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Melalui sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa KCJB merupakan moda trasnportasi baru dengan teknologi dan konstruksi yang berbeda dari sistem transportasi yang telah ada sebelumnya.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU