> >

Update Daftar Anggota Paskibraka Nasional 2023 yang Resmi Bertugas di Upacara HUT ke-78 RI Hari Ini

Humaniora | 17 Agustus 2023, 06:00 WIB
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) seusai Upacara Pengukuhan Paskibraka di Istana Negara, Selasa (15/8/2023). (Sumber: KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo telah mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2023 dari 38 provinsi.

Nantinya, 76 anggota Paskibraka Nasional 2023 itu akan bertugas pada upacara pengibaran bendera detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan penurunan bendera hari ini, Kamis (17/8/2023).

“Dengan memohon rida Allah Yang Maha Kuasa, pada hari ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 2023. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” ucap Presiden Jokowi, Selasa (15/8).

Sebagai informasi, anggota Paskibraka Nasional 2023 dipilih dari putra putri terbaik bangsa mulai dari Sabang hingga Merauke. 

Baca Juga: Resmi! Ini Pedoman dan Juknis Upacara 17 Agustus 2023 HUT ke-78 RI di Istana Negara, Daerah dan Luar

Mereka terlebih dahulu menjalani proses seleksi di daerah masing-masing. Bagi yang lolos seleksi dan memenuhi syarat akan menjalani pelatihan di Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Diklat Paskibraka) Tingkat Pusat.

Tidak hanya berlatih untuk baris-berbaris menjelang peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, mereka juga menerima pembinaan ideologi Pancasila.

Pembinaan pengamalan nilai-nilai Pancasila dilakukan oleh pamong atau pembina sejak Paskibraka bangun tidur pada pukul 04.00 pagi hingga kembali ke tempat tidur pada pukul 21.00 malam.

"Bangun tidur harus beresin tempat tidur, bangun tidur kemudian tepat pada waktunya, kemudian beribadah sesuai agama masing-masing," ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina selaku Pembina Paskibraka 2023, Selasa.

Rima melanjutkan, hal tersebut juga menumbuhkan nilai-nilai toleransi di antara para Paskibraka. Kamar tidur Paskibraka juga dirancang agar diisi oleh anggota yang berasal dari daerah berbeda dengan harapan mereka dapat saling mengenali budaya Indonesia.

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU