> >

Info Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Cek Jadwal dan Harga Tiket Kapal Feri

Humaniora | 8 Juli 2023, 08:35 WIB
Pergerakan ferry di lintasan Ketapang-Gilimanuk. (Sumber: Dok. PT ASDP Indonesia Ferry (PERSERO))

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk adalah dua pelabuhan penyeberangan vital di Indonesia. 

Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk adalah pelabuhan penyeberangan kedua terpadat di Indonesia, hanya di bawah Pelabuhan Merak-Bakauheni.

Pelabuhan ini bertugas sebagai jalur transportasi laut utama dari Banyuwangi, Jawa Timur, menuju Bali, yang berakhir di Kabupaten Jembrana.

Baca Juga: Ini Sejarah dan Jenis Pelabuhan di Indonesia

Manajemen pelabuhan ini berada di bawah PT ASDP, sebuah perusahaan milik negara yang bergerak dalam bisnis kapal dan penyeberangan.

Karena fungsinya sebagai jembatan antara Pulau Jawa, pusat ekonomi terpenting di Indonesia, dan Pulau Bali, tujuan wisata yang sangat populer, aktivitas di Pelabuhan Gilimanuk sangat ramai setiap hari.

Jadwal Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk menawarkan rute pendek untuk menyeberangi Selat Bali dari Bali ke Jawa Timur, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan.

Baca Juga: Beasiswa LPDP Tahap 2 Masih Dibuka dan Bisa Mendaftar tanpa LoA, Begini Caranya

Menurut informasi dari aplikasi Ferizy ASDP, kapal ferry yang beroperasi di pelabuhan ini tersedia selama 24 jam setiap hari.

Jadwal kedatangan kapal di pelabuhan ini ditentukan berdasarkan kondisi, yaitu setiap 30-60 menit dari keberangkatan sebelumnya.

Tarif Tiket Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, ferizy.com


TERBARU