> >

Ganjar Instruksikan Relawan dan Pendukungnya Dekati Swing Voter dan Pemilih Gen Z

Rumah pemilu | 1 Juni 2023, 19:32 WIB
Bacapres usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, mengajak relawan dan pendukungnya untuk mendekati swing voter, Kamis (1/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (bacapres) usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, mengajak relawan dan pendukungnya untuk mendekati swing voter dan pemilih dari gen Z, jelang Pilpres 2024.

Ajakan Ganjar tersebut disampaikan saat ia memberikan sambutan di acara peresmian Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Menteng, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

”Ada swing voters, suara yang bergeser-geser, yang itu tentu saja punya potensi untuk kita ajak bicara. Maka tolong, bapak ibu bisa berkomunikasi dengan mereka,” ujarnya.

Swing voter adalah pemilih yang berpotensi mengubah pilihannya.

Baca Juga: Resmikan Rumah Aspirasi Relawan, Ganjar Ungkap Adanya Fenomena Komunikasi Politik Baru

Selain suara swing voter, menurut Ganjar, suara pemilih pemula dari kalangan gen Z pun sangat besar.

“Mereka adalah golongan yang masuk generasi Z. Mereka adalah para skaters, mereka adalah Youtuber, mereka adalah kelompok yang suka coding,” katanya.

“Dan mereka adalah pemotong rambut, mereka yang berbisnis cuci sepatu, mereka yang punya hobi dalam komunitas olahraga, seperti lari, sepeda, itulah generasi Z yang hari ini butuh mendapatkan tempat.”

Menurut Ganjar, mereka banyak berada di desa tapi belum tersentuh. 

Kelompok lain yang juga harus didekati, kata dia, adalah para pemilih perempuan yang berada di desa.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU