> >

Wakil Ketua DPR RI Korinbang Ajak Iran Perkuat Hubungan Ekonomi dan Budaya

Peristiwa | 22 Mei 2023, 23:30 WIB
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel. (Sumber: dok. Humas DPR RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Ketua DPR RI/Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel telah menerima kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri Iran Mehdi Safari di ruang kerjanya di DPR RI. 

“Saya mengajak Iran untuk memperkuat hubungan kedua negara melalui diplomasi ekonomi, budaya, dan teknologi,” kata Gobel, Senin (22/5/2023). 

Kunjungan Mehdi ini merupakan bagian dari persiapan kunjungan Presiden Iran Ebrahim Raisi yang akan ke Jakarta untuk bertemu Presiden Jokowi pada Selasa (23/5).

Mehdi menyampaikan bahwa kunjungan Presiden Iran tersebut menjadi bagian dari tindak lanjut kunjungan Gobel dan sejumlah anggota DPR lain ke Iran pada tahun lalu. 

Adapun dalam pertemuan hari ini, Gobel didampingi Anggota DPR RI dari Komisi X yang berasal dari Fraksi Partai Nasdem, Ratih Megasari Singkaru.

Gobel mengatakan, mencairnya hubungan Iran dan Arab Saudi bisa makin memudahkan Indonesia dalam menjalin hubungan dengan Iran. 

Baca Juga: Momen Akrab Presiden Jokowi dan Joe Biden Saat Berbincang di PGII G7, Jepang

Menurutnya, bagi sebagian kalangan, isu aliran Syiah masih menjadi hal sensitif dalam masyarakat Islam. Namun, dengan membaiknya hubungan Iran-Saudi, ia berharap isu ini makin mereda. 

“Sehingga kita bisa fokus ke masalah ekonomi dan teknologi. Iran memiliki pasar yang besar dan memiliki keunggulan di sejumlah teknologi. Ini yang bisa kita kerja samakan,” katanya.

Sebagai contoh, kata Gobel, Iran memiliki keunggulan tersendiri dalam teknologi kesehatan dan farmasi. 

Penulis : Kiki Luqman Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU