> >

Komandan Korps Marinir Dijabat Jenderal TNI Bintang 3, KSAL: Tinggal Tunggu Persetujuan Jokowi

Peristiwa | 22 Mei 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi. Prajurit Marinir melakukan defile saat Upacara Sertijab Komandan Korps Marinir (Dankormar) di Lapangan Apel Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2018). (Sumber: Antara Foto/Sigit Kurniawan)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengusulkan Komandan Korps Marinir (Dankormar) TNI Angkatan Laut dijabat oleh perwira tinggi bintang tiga.

Muhammad Ali mengatakan usulan itu saat ini tengah menunggu persetujuan dari Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Baca Juga: Deretan Kejahatan KKB Egianus Kogoya: Bantai Belasan Pekerja, Bunuh Marinir, hingga Sandera Pilot

Mengingat, perubahan struktur dalam organisasi (validasi organisasi) TNI membutuhkan keputusan presiden (keppres) sebagai dasar hukumnya.

“Untuk Korps Marinir memang sudah direncanakan untuk dinaikkan jabatannya bintang tiga,” kata KSAL selepas upacara serah terima jabatan Dankormar di Kesatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Ali mengatakan tahapan usulan Dankormar TNI AL dijabat perwira tinggi bintang tiga prosesnya sudah melewati uji naskah di Mabes TNI hingga Kementerian Pertahanan. 

“Proses ini sudah uji naskah di mabes angkatan, kemudian di Mabes TNI sudah lolos, dan di Kemhan (Kementerian Pertahanan) pun sudah lolos, sekarang maju ke Presiden,” ujarnya.

Seiring dengan berjalannya proses itu, Ali menyampaikan dia akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) untuk membahas beberapa penyesuaian terkait perubahan itu.

Baca Juga: Cerita Prabowo Haru dan Bangga Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir: Saya Kembali Menggelora

“Dan tentunya, nanti saya akan koordinasi juga dengan Kemenpan RB. Mudah-mudahan dalam waktu dekat. Mohon doanya,” ucap Laksamana Ali.

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU