> >

Soal Musra Relawan, Pengamat: Perkuat Posisi Jokowi sebagai King Maker

Rumah pemilu | 14 Mei 2023, 21:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan pidatonya di acara Puncak Musra, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyoroti acara puncak Musyawarah Masyarakat atau Musra yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (14/5/2023).

Dia pun menilai Musra Relawan tersebut dinilai akan memperkuat posisi Jokowi sebagai king maker di Pilpres 2024 mandatang.

"Dengan menggalang opini seperti ini, menggalang kekuatan relawan akan memperkuat posisi Jokowi sebagai king maker dalam konstelasi politik kandidasi beberapa hari ke depan," kata Hanta dalam Kompas Petang, Kompas TV, Minggu.

Menurutnya, Jokowi merupakan king maker terkuat saat ini.

Pasalnya, meski bukan merupakan ketua umum partai politik, namun Jokowi dinilai memiliki pengaruh yang kuat dalam Pilpres 22024 mendatang.

"Pak Jokowi bukan Ketua Umum Partai sehingga dalam konstelasi politik Indonesia hari ini tidak memegang boarding pass secara langsung, tetapi beliau seorang king maker yang bisa dikatakan terkuat saat ini," ujarnya.

Di mana Jokowi, kata dia, dapat mengomunikasikan, menggalang kekuatan terutama partai-partai di dalam pemerintahan, di luar dari NasDem dan PDIP.

"Artinya praktis ada lima partai itu memiliki kedekatan intens dengan Pak Jokowi," ucapnya.

Baca Juga: Di Puncak Musra, Jokowi Titip Pesan ke Penerusnya: Jangan Takut Digugat Negara Manapun

Diberitakan sebelumnya, puncak Musra Relawan Jokowi digelar di Istora Senayan, Jakarta, siang tadi. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU