> >

Catat Waktunya! Jasa Marga akan Beri Diskon 20 Persen Tarif Tol Jakarta-Cikampek saat Arus Balik

Humaniora | 23 April 2023, 14:52 WIB
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat rekor melayani arus lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik di Indonesia selama ini. (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. akan memberikan diskon 20 persen untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek agar dapat mengurai kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2023.

Diskon tersebut berlaku di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama pada Kamis 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menerangkan, diskon tarif tol ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna jalan yang mudik di periode tanggal tersebut.

Ia pun mengimbau agar pemudik, khususnya yang melewati Jalan Tol Trans Jawa, untuk mengatur waktu perjalanannya kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) agar lebih nyaman dan tidak menumpuk pada tanggal-tanggal yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

"Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 24 dan 25 April 2023," ujar Lisye di Jakarta, Minggu (23/4/2023) dilansir dari Antara.

"Bagi pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran untuk melanjutkan periode mudiknya, dapat menggeser perjalanan dengan pilihan hari Rabu-Sabtu, 26-30 April 2023,” imbuhnya.

Baca Juga: Jasa Marga Imbau Pemudik Hindari Puncak Arus Balik, Prediksi Jumlah Kendaraan Capai 1,6 Juta

Jasa Marga memprediksi jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabodetabek mencapai 1,6 juta pada H+1 hingga H+7 Lebaran 2023.

Jumlah tersebut naik sebanyak 5,1 persen dibandingkan dengan Lebaran 2022 dan naik 67,5 persen daripada lalu lintas normal. Kendaraan-kendaraan tersebut diperkirakan akan melewati empat gerbang tol (GT) Barrier/Utama.

"Asal kendaraan yang kembali ke Jabotabek mayoritas akan berasal dari arah Timur (arah Trans Jawa) sebesar 61,4 persen," jelas Lisye.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV/Antara


TERBARU