> >

Saat Demokrat Geram Kepala BIN "Endorse" Prabowo, Singgung Spekulasi Ada Operasi Intelijen di Pemilu

Rumah pemilu | 23 Maret 2023, 06:15 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan saat pidato di hadapan Presiden Jokowi dan Menteri Pertahan Prabowo Subianto, Selasa (21/3/2023) di Papua (Sumber: Ist)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat geram lantaran salah satu petinggi negara malah 'endorse' salah satu calon yang digadang-gandang maju di Pilpres 2024. Bakal calon presiden itu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, sedangkan sinyal "endorse" diberikan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Kegeraman Partai Demokrat itu dilontarkan oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. 

Kamhar bahkan menyebut, pernyataan Kepala BIN tersebut tidak patut diutarakan secara terbuka hingga menimbulkan sejumlah spekulasi di publik. 

"Berbagai spekulasi bisa berkembang akibat pernyataan Kepala BIN yang terbaca sebagai bentuk dukungan seperti ini," kata Kamhar kepada wartawan Rabu (22/3/2023) Rabu, dilansir Tribunnews

Baca Juga: PKS Kritik Kepala BIN soal Aura Jokowi Pindah ke Prabowo: Kalau Mau Berpolitik Masuk Parpol

Ia lantas menyebut, akibat adanya sinyal dukungan terbuka itu, publik bisa menilai ada operasi intelijen yang sedang bekerja untuk memenangkan kandidat tertentu.

"Termasuk spekulasi akan adanya operasi intelijen untuk pemenangan kandidat (capres) tertentu," tambah Kamhar.

Baca Juga: Didoakan Kepala BIN Sukses di Pilpres, Jubir: Sangat Berarti bagi Prabowo, Kini Belajar ke Jokowi

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, pada Selasa (21/3) di Papua, Kepala BIN Budi Gunawan mendoakan agar Prabowo Subianto sukses di Pemilu 2024.

Tidak hanya itu, Mantan Wakapolri juga bilang kini aura Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagian berpindah kepada Ketum Partai Gerindra itu, serta dilakukan saat ramai menuju Pilpres 2024. 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU