> >

Rommy: KIB Jalan di Tempat karena Belum Menentukan Nama Capres yang Diusung di Pilpres 2024

Rumah pemilu | 8 Maret 2023, 16:04 WIB
Mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta (Sumber: KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN)

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy menyebut, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) hingga saat ini tak ada perkembangan alias jalan di tempat. 

Baca Juga: Rommy PPP: KIB Berpotensi Tak Capai Kesepakatan soal Capres-Cawapres yang Diusung di Pilpres 2024

Pria yang karib disapa Rommy itu menjelaskan, alasannya KIB tak berprogres lantaran tak juga mengumumkan nama capres yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. 

"Itulah kenapa kemudian saya katakan bahwa KIB ini jalan di tempat karena belum memutuskan (nama capres)," kata Rommy kepada wartawan, Rabu (8/3/2023). 

"Mau tidak mau kalau kita bicara realitas matematika politik pengusungan calon presiden 2024 semua partai politik dibatasi dengan 4 calon karena untuk mengsung ini minimal 115 kursi di DPR," sambungnya. 

Menurut dia, bila berbicara capres, kini berdasarkan data survei terdapat tiga nama teratas, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

"Partai-partai yang ada di KIB ini kan harus mengusung, sementara tiga nama teratas dari hampir seluruh survei itu adalah Pak Ganjar dari PDIP, Pak Prabowo dari Gerindra dan Anies ini sudah diusung oleh tiga partai."

 

"Nah kan kita harus memilih dari nama-nama yang teratas itu dari survei karena parpol menjadi sarana penggusung pada satu sisi. Pada sisi lain juga kita realistis dengan pilihan langsung, maka kita tunduk pada kemauan rakyat. Dan kemauan rakyat itu tergambar dari survei itu," katanya. 

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng mengatakan, KIB yang digagas oleh partainya, PAN dan PPP masih tetap solid menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU