> >

Pemilu 2024, Prabowo dan Surya Paloh Sepakat Hormati Keputusan Politik Partai Masing-Masing

Rumah pemilu | 6 Maret 2023, 05:15 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023). (Sumber: ANTARA/M Fikri Setiawan)

BOGOR, KOMPAS.TV - Jelang Pemilihan Presiden (2024), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sepakat untuk saling menghormati arah politiknya masing-masing.

Prabowo mengaku, dirinnya menghormati keputusan Surya Paloh yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai NasDem bersama Partai Demokrat dan PKS.

"Soal koalisi, soal capres, cawapres kita sudah sepakat menghormati keputusan politik masing-masing," kata Prabowo saat konferensi pers usai menerima kunjungan Surya Paloh di Padepokan Garuda Yaksa Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/23), dikutip dari Antara.

"Kita akan menghormati apa pun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem. Sebagai sahabat kita hormati apa pun keputusan politik. Mereka pun akan menghormati keputusan politik kami. Koalisi itu bagian dari keputusan politik," tambahnya.

Ketika ditanya mengenai kesediaannya untuk diduetkan dengan Anies Baswedan, Prabowo kembali menegaskan bahwa ia dan Surya Paloh sepakat menghormati keputusan masing-masing dalam menyongsong Pemilu.

Baca Juga: Ada Apa di Balik Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto? Ini Kata Pengamat Politik

Menteri Pertahanan RI itu menyebutkan bahwa dalam pertemuannya dengan durasi sekitar dua jam itu dirinya sepakat dengan Surya Paloh untuk menjaga suasana yang damai.

"Tadi saya sudah sampaikan, dalam pembicaraan yang intensif dan luas kita sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing masing dan bertekad akan melakukan komunikasi yang lebih erat dan lebih intensif. Kalaupun Anies sudah jadi keputusan politik NasDem ya kita hormati," kata Prabowo.

Prabowo menganggapi kedatangan sahabat lamanya itu merupakan kunjungan balasan, karena ia sempat mengunjungi Surya Paloh di Tower Nasdem, Jakarta Pusat, pada 1 Juni 2022 lalu.

Sementara, Surya Paloh menyebutkan bahwa kunjungan yang ia lakukan menggambarkan hubungan persahabatan keduanya yang sudah terjalin sekitar 40 tahun lalu.

Penulis : Kiki Luqman Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Antara


TERBARU