> >

Apakah Mandi Malam Bisa Menyebabkan Paru-paru Basah? Ini Jawaban dari Dokter

Kesehatan | 24 Februari 2023, 08:04 WIB
Ilustrasi paru-paru. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah unggahan yang menyebutkan mandi pada malam hari bisa menyebabkan gangguan paru-paru basah viral di media sosial. Video yang diunggah pada 19 Desember 2022 di TikTok @fanzerleodi_ kembali ramai ditengok netizen.

Pengunggah mengatakan beberapa alasan orangtua selalu melarang untuk tidak mandi di malam hari. Salah satunya adalah untuk mencegah gangguan paru-paru basah.

Beberapa netizen merespons dengan menyatakan mandi malam boleh-boleh saja. Asal tidak lebih dari lima menit dengan air hangat. Sementara respons lain menyatakan tidak ada pengaruh antara mandi malam dengan paru-paru basah.

Lantas apakah mandi malam bisa menjadi salah satu pemicu paru-paru basah?

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Lendir dari Paru-Paru dengan Bahan Alami

Jawaban dokter apakah mandi malam jadi sebab paru-paru basah

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto menyatakan aktivitas mandi di malam hari tidak menyebabkan paru-paru basah. Pasalnya gangguan tersebut dikarenakan oleh infeksi dari kuman.

"Tidak benar, mandi malam tidak menyebabkan paru-paru basah," jelas Agus, Kamis (23/2/2023), dikutip dari Kompas.com.

Infeksi dari kuman bisa menyebabkan paru-paru basah pada seseorang yang daya imun atau kekebalan tubuhnya kurang kuat. Kuman ini masuk melalui alat pernapasan.

Paru-paru basah akhirnya aktif karena kuman yang masuk lewat alat pernapasan sangat tinggi. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya infeksi paru.

Baca Juga: Awas, Ini Pertanda Ada yang Tidak Beres dengan Paru-Paru Anda

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas.com


TERBARU