> >

Rencana Jokowi Soal IKN: Jakarta Kota Bisnis, Nusantara Kota Pemerintahan

Peristiwa | 22 Februari 2023, 14:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: ANTARA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedikit memaparkan rencana pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) dalam sambutan acara pembukaan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah.  

Jokowi menyadari bahwa saat ini Jakarta yang menjadi Ibu Kota Indonesia sudah sangat padat penduduk hingga membuat lalu lintas macet.

"Jakarta sendiri, sudah sangat padat, sangat macet," kata Presiden Jokowi di Dome Balikpapan Sport and Centre, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023) dikutip dari tayangan Kompas TV.

Jokowi menyebutkan, jika IKN sudah rampung, pemerintah tidak akan mengabaikan Kota Jakarta begitu saja. 

Baca Juga: Otorita IKN Buka Lowongan Kerja PPNPN, Cek Posisi yang Dibutuhkan

Ia mengatakan akan membuat Jakarta sebagai kota bisnis dan pariwisata sementara Nusantara akan berfokus sebagai kota Pemerintahan.

"Tetapi Jakarta tetap akan terus kita perbaiki, menjadi kota bisnis, kota pariwisata, kota ekonomi dan Nusantara menjadi kota pemerintahan," ucap Jokowi.

Terkait IKN, Presiden Jokowi pun membandingkan kota-kota besar yang dimiliki oleh negara maju lainnya seperti Amerika dan Australia.

 

"Indonesia ini negara besar, jadi kalau Amerika memiliki New York dan Washington DC, Australia memiliki Melbourne dan Sydney. Kenapa Indonesia tidak memiliki Jakarta dan memiliki Nusantara?" tanya Dia.

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU