> >

Alutsista Tambahan untuk TNI AL Tahun Ini, Kapal Pemburu Ranjau hingga Pesawat dan Helikopter

Sosial | 13 Februari 2023, 14:23 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali saat menyampaikan keterangan di Jakarta, Senin (16/1/2023). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Tentara Nasional Indonesia Angkatan laut (TNI AL) diperkuat dengan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) pada tahun ini, di antaranya kapal patroli cepat, kapal pemburu ranjau, serta helikopter.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali di sela-sela Rapim TNI AL di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (13/2/2023).

Alutsista pertama yang akan memperkuat TNI AL pada tahun ini adalah kapal jenis korvet KRI Bung Karno-369 yang akan siap digunakan pada pertengahan 2023.

"Nanti ada korvet Bung Karno yang khusus untuk VIP, kemungkinan pertengahan tahun ini akan siap," ujar Muhammad Ali, dikutip Kompas.com.

Kapal lain yang juga siap digunakan tahun ini adalah dua kapal patroli cepat 60 Meter yang kini sedang diproduksi.

Baca Juga: Pastikan Penjagaan di Laut Natuna Utara, KSAL Kerahkan 4 KRI dan 1 Pesawat Patroli Maritim

Selain itu, saat ini TNI AL sedang memesan dua kapal pemburu ranjau buatan Jerman, yang diperkirakan akan tiba akhir tahun ini.

"(Lalu) kapal pemburu ranjau, agak beda sedikit. Ini cukup modern yang kapal pemburu ranjau ini, mungkin akhir tahun (tiba)," ujar Ali.

TNI AL juga menambah alutsista baru berupa empat unit pesawat dan satu unit helikopter.

Keempat unit pesawat tersebut berupa satu pesawat CN 235-220 MPA, dan tiga pesawat Piper Archer PA-28-181, sedangkan helikopter yang akan memperkuat TNI AL adalah jenis Bell 505 Jet Ranger X (JRX).

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : kompas.com


TERBARU