> >

Pengacara soal Celana Pendek Putri Candrawathi Dinilai Jaksa Tak Wajar: Ironis, Pikiran JPU Sempit

Hukum | 2 Februari 2023, 13:48 WIB
Terdakwa Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Sumber: FAKHRI FADLURROHMAN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penasihat hukum terdakwa Putri Candrawathi menilai cara berpikir Jaksa penuntut umum sempit dan konyol.

Lantaran menilai, pakaian ganti Putri Candrawathi untuk beristirahat di rumah Duren Tiga tidak patut digunakan sebagai seorang istri jenderal.

Pernyataan itu disampaikan tim penasihat hukum Putri Candrawathi dalam sidang duplik atas replik penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

“Sungguh ironis, di tengah kemajuan zaman dan cara berpikir yang luas Penuntut Umum malah terjerumus kepada cara berpikir yang sempit dan konyol,” ucap tim penasihat hukum Putri Candrawathi.

“Penuntut Umum terkesan mengkotak-kotakkan cara berpakaian seseorang berdasarkan strata sosial dan jabatan.”

Baca Juga: Pengacara: Penuntut Umum Keji, Tuding Perkosaan Putri Candrawathi Khayalan dan Kental Siasat Jahat

Mereka menilai, dalil penuntut umum tersebut justru menunjukkan ketidakmampuan dan keputus-asaan untuk membantah nota pembelaan penasihat hukum dan memberikan bukti-bukti yang valid yang mendukung dakwaan maupun tuntutannya.

 

Sehingga, harus memaksakan hal-hal di luar nalar untuk mendukung konstruksi yang dibangun oleh penuntut umum tersebut.

“Penuntut umum juga lupa kondisi yang terjadi saat terdakwa meninggalkan rumah Duren Tiga bukanlah kondisi yang normal atau bukanlah hari-hari biasa yang membuat terdakwa bisa menyempatkan diri berganti pakaian yang lebih baik terlebih dahulu sebelum keluar rumah,” kata kuasa hukum.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU