> >

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat, Kompas Gramedia Gelar Pelatihan Urban Farming

Sosial | 25 Januari 2023, 04:45 WIB
Kompas Gramedia melaksanakan pelatihan Urban Farming untuk masyarakat RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara dan RW 14 Grogol Utara (19/01/2023). (Sumber: Corp Comm Kompas Gramedia/Mochamad Ardiyanto)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kompas Gramedia melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar kegiatan pelatihan urban farming dengan tema “Intensifikasi Sarana Produksi Organik dan Kalender Tanam”. 

Kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk upaya Kompas Gramedia dalam memberdayakan masyarakat sekitar perusahaan dalam bidang lingkungan. 

Pelatihan ini diikuti oleh 3 RW warga binaan Kompas Gramedia, yaitu RW 02 Gelora, RW 06 Grogol Utara dan RW 14 Grogol Utara.

Community & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto menyampaikan, kegiatan pelatihan urban farming ini sebagai awalan dari rangkaian-rangkaian pelatihan urban farming lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang hijau di tengah perkotaan.

“Pelatihan urban farming ini sebagai awalan dalam membangun kembali kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan dan nantinya akan ada banyak lagi pelatihan-pelatihan urban farming untuk masyarakat di sekitar perusahaan." 

"Kegiatan ini juga kami lakukan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menemukan dan menggali potensi yang ada di lingkungan mereka,” ucap Communityt & CSR Analyst Kompas Gramedia Mochamad Ardiyanto.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, Kompas Gramedia Berkontribusi dalam Pemberian Bantuan Logistik

Rangkaian kegiatan pelatihan urban farming diawali dengan sesi pengenalan sarana produksi bahan organik dalam bertani, lalu dilanjutkan dengan praktik pembuatan sarana produksi bahan organik atau kompos dan mol dan ditutup dengan sesi diskusi penyusunan jadwal tanam dan identifikasi komoditas yang akan ditanam. Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan urban farming.

“Kegiatan hari ini sangat bagus, dari penjelasan yang disampaikan sangat membantu dan memberikan ilmu baru bagaimana cara perawatan intensif terkait bahan organik, yaitu kompos dan mol. Karena memang kita sedang membutuhkan saran dan ide-ide baru mengenai pembuatan bahan organik dan hal-hal yang berkaitan dengan urban farming."

"Jadi kami berterima kasih kepada Kompas Gramedia yang sudah membuat kegiatan pelatihan ini,” ucap Staf RT 06, RW 06, Grogol Utara, Waluyo.

Penulis : Redaksi Kompas TV Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU