> >

Lukas Enembe Kesulitan Berbicara, Ahli Isyarat Dihadirkan dalam Pemeriksaan KPK

Hukum | 12 Januari 2023, 07:01 WIB
KPK melakukan pembantaran Lukas Enembe di RSPAD Gatot Subroto karena kondisi kesehatan hingga dinyatakan sembuh dan siap menjalani penahanan di rutan KPK. (Sumber: KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan pihaknya akan menghadirkan ahli bahasa hingga isyarat dalam pemeriksaan terhadap Lukas Enembe, Rabu (11/1/2023).

Hal itu dilakukan karena penuturan Gubernur Papua Lukas Enembe sulit dipahami dan tampak kesulitan dalam berbicara. Lukas kerap menggunakan juru bicaranya untuk berkomunikasi.

"Tentu kita akan menggunakan ahli. Ada ahli bahasa, ada ahli isyarat," ujarnya dalam konferensi pers di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Daftar Aset Lukas Enembe Disita KPK: Ada Emas Batangan hingga Kendaraan Mewah Total Rp4,5 Miliar

Firli menjelaskan KPK akan menggunakan segala upaya yang perlu dikerahkan agar perkara dugaan suap hingga gratifikasi Lukas Enembe bisa rampung dengan cepat.

 

Selain itu KPK juga telah menyita sejumlah benda berharga milik Lukas Enembe. KPK melakukan penyitaan usai menggeledah enam lokasi di Papua, Jakarta, Bogor, Sukabumi, Tangerang, hingga Batam.

Benda yang disita dari tersangka dugaan suap itu berupa emas batangan, perhiasan, hingga mobil mewah.

Baca Juga: KPK Tahan Lukas Enembe, Kemendagri Tunjuk Sekprov Papua sebagai Plh Gubernur

"Penyitaan aset antara lain berupa emas batangan, perhiasan emas, dan kendaraan mewah dengan nilai sekitar Rp 4,5 miliar," kata Firli.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU