> >

Peringatan Gelombang Sangat Tinggi hingga 6 Meter di Laut Natuna Utara Hari Ini

Update | 5 Januari 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan waspada gelombang sangat tinggi di wilayah perairan Indonesia, Kamis (5/1/2023). Masyarakat diimbau untuk waspada terkait dampak dari potensi gelombang tinggi ini.

Peringatan gelombang sangat tinggi mencapai 6 meter efektif pada hari ini Kamis, 5 Januari pukul 06.00 WIB hingga Jumat, 6 Januari pukul 07.00 WIB.

BMKG mengeluarkan peringatan dalam 3 tingkatan yakni gelombang sangat tinggi (4,0-6,0 meter), gelombang tinggi (2,5-4 meter), dan gelombang sedang (1,25-2,50 meter).

Baca Juga: Cuaca DKI Jakarta Hari Ini 5 Januari, BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir di Siang Hari di Jaksel

Gelombang sangat tinggi berpotensi terjadi di laut Natuna Utara dan perairan utara Kepulauan Natuna, dan samudra hindia selatan Bali hingga NTT.

Sementara gelombang tinggi termasuk di perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba dan Selat Sunda bagian barat dan selatan.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 6 - 20 knot," terang BMKG dikutip dari situsnya, Kamis.

Baca Juga: Diskominfo Jateng Hadirkan Radio "Online" untuk Informasi Cuaca Hingga Bencana Terkini

Wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Bali hingga NTT, Laut Arafuru.

 

 

 

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU