> >

Resmi Jadi Panglima TNI, Yudo Margono Berjanji akan Segera Terbang ke Papua

Politik | 19 Desember 2022, 14:39 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan akan segera terbang ke tanah Papua untuk mengetahui situasi dan kondisi yang terjadi di sana.

Ia menjelaskan, dirinya bersama seluruh kepala staf akan melihat langsung persoalan di Bumi Cenderawasih tersebut. 

"Nanti saya kan kesempatan pertama akan datang ke sana bersama kepala staf angkatan untuk melihat secara nyata apa sih sebenarnya yang terjadi di sana," kata Yudo, Senin (19/12/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Pesan Jokowi ke Panglima TNI Yudo Margono: Jaga Kedaulatan hingga Netralitas TNI

Adapun kunjungan ini berkaitan dengan rencana Yudo menggunakan pendekatan yang lebih humanis dalam menangani isu keamanan di Papua. 

Ia menyebut kunjungannya tersebut bertujuan untuk mendengarkan masukan dari prajurit, pemerintah daerah, serta tokoh agama dan masyarakat setempat. 

Jenderal bintang empat itu mengaku akan lebih dulu mendengarkan pendapat para pemangku kepentingan tersebut sebelum memutuskan strategi penanganan Papua. 

"Pendekatan yang di lapangan ini apa yang ada di sana, jadi enggak harus belum-belum sudah diputuskan. Nanti saya putuskan, memutuskannya setelah saya cek dulu," kata Yudo. 

Selain itu, kata dia, operasi TNI di Papua kini lebih menonjolkan operasi teritorial dengan tetap memberikan tindakan tegas sesuai aturan hukum. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU