> >

TB Hasanuddin: Visi dan Misi Yudo Margono Bagus, tapi Harusnya Disesuaikan dengan Masa Baktinya

Politik | 2 Desember 2022, 20:27 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono saat akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (2/12/2022). (Sumber: KOMPAS/REBIYYAH SALASAH)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin mengatakan visi dan misi KSAL Laksamana Yudo Margono dalam uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI, secara garis besar sudah bagus.

Meski demikian, dia menilai seharusnya visi dan misi tersebut disesuaikan dengan masa baktinya menjadi Panglima TNI, yang kurang dari 1 tahun,

"Dalam penyampaian visi dan misi secara garis besar baguslah ya. Walaupun seharusnya visi misi itu juga disesuaikan dengan masa bakti beliau, seharusnya ya," kata Hasanuddin dalam Kompas Petang Kompas TV, Jumat (2/12/2022).

Semestinya, lanjutnya, Yudo fokus pada beberapa hal, salah satunya soal peningkatan kedisiplinan prajurit.

"Maksud saya dalam kurang dari 1 tahun itu panglima TNI yang baru harus memfokuskan kepada beberapa hal. Contohnya saja peningkatan disiplin prajurit yang dirasakan dalam tiga tahun terakhir ini turun, ada misalnya pelaku pembunuhan yang dilakukan oleh seorang kolonel terhadap anak remaja," jelas Hasanuddin.

"Dan kemudian misalnya saja terakhir, pemerkosaan yang dilakukan oleh seorang perwira menengah berpangkat mayor terhadap seorang anggota Kostrad sedang dalam melaksanakan tugas pengamanan G20."

Adapun hal lainnya yang perlu menjadi fokus Yudo, menurut Hasanuddin, yakni mempercepat program-program minimum essential force

"Program terakhir dari minimum essential force yang ternyata ya masih kurang 2 tahun, tetapi hanya baru tercapai sekitar 62 persen saja," tegasnya.

Baca Juga: Uji Kelayakan Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Paparkan Visi Misi Modernisasi Alutsista TNI

Hal-hal itu, kata dia, yang mesti lebih ditekankan Yudo dalam bahasan visi dan misinya saat menjadi panglima TNI yang baru. 

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU