> >

Mensesneg Beri Clue Calon Panglima TNI yang Diumumkan Sore Ini di DPR

Peristiwa | 23 November 2022, 14:47 WIB
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) memberikan clue siapa calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa. (Sumber: SEKRETARIAT PRESIDEN)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa  merupakan satu dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif.

“Jelas kalau calon Panglima TNI itu, pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan clue-nya gitu,” ucap Pratikno kepada Jurnalis KOMPAS TV Frisca Clarissa, Rabu (23/11/2022).

Untuk diketahui, surat presiden untuk nama calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa dikabarkan akan diterima DPR RI sore ini.

“Surpres penggantian panglima TNI itu kita, kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR Surpresnya,” ujar Pratikno. 

Dikonfirmasi, siapa nama calon Panglima TNI yang diajukan presiden dalam surat yang dikirim istana ke DPR.

Baca Juga: Menghitung Peluang 3 Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika, dari Usia dan Sistem Bergilir

Pratikno mengatakan, DPR setelah menerima surpres akan mengumumkannya kepada publik tentang siapa nama calon pengganti Jenderal Andika Perkasa untuk posisi Panglima TNI.

“Nanti. Kalau sudah diterima dari DPR, nanti dari DPR lah yang menyampaikan,” kata Pratikno.

Mengutip Antara, tidak ada mantan kepala staf yang masih aktif yang dicalonkan sebagaimana pernyataan Pratikno. Yang disebutkan adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (AD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (AL) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (AU) Marsekal TNI Fadjar Prasetya.

Tidak hanya parameter pernah menduduki jabatan Kepala Staf Angkatan, calon kandidat juga dilihat dari usia dan sistem bergilir antarangkatan.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU