> >

13 Nama Anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ditentukan Malam Ini, Begini Sistem Pemilihannya

Muktamar muhammadiyah | 19 November 2022, 19:44 WIB
Ilustrasi logo Muhammadiyah. Penentuan 13 nama anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan dilaksanakan pada malam ini di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (19/11/2022) pukul 19.30 WIB. (Sumber: kompas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penentuan 13 nama anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan dilaksanakan pada malam ini di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (19/11/2022) pukul 19.30 WIB.

Sebanyak 13 nama ini akan dipilih dari 39 nama calon Ketua Umum (Ketum) PP Muhammadiyah yang telah dipilih pada Sidang Tanwir Muhammadiyah, Jumat (18/11). 

Pemilihan 13 nama tersebut akan dilakukan secara e-voting oleh peserta muktamar atau muktamirin.

Sistem e-voting dipilih dalam penentuan tersebut untuk mempersingkat waktu.

Anggota Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar, Sukadiono meyakini, dengan adanya e-voting, maka pelaksanaan pemilihan 13 nama anggota PP Muhammadiyah akan lebih cepat dibanding pemilihan secara manual.

"Insyaallah pelaksanaan pemilihan lebih cepat waktunya dibanding dengan muktamar sebelumnya," kata Sukadiono dikutip dari PWMU, Sabtu.

Menurut penjelasannya, peserta Muktamar yang berhak memilih 13 nama untuk menjadi anggota Muhammadiyah sebanyak 2.558 orang.

Baca Juga: Ini 3 Amanat Jokowi untuk Muhammadiyah dan Aisyiyah pada Pembukaan Muktamar ke-48

Adapun ke-13 nama ini nantinya akan bermusyawarah untuk menetapkan Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah. 

Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Muhammadiyah, Ketua Umum PP Muhammadiyah harus ditetapkan oleh Muktamar berdasarkan usul anggota PP terpilih.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU