> >

39 Nama Calon PP Muhammadiyah Keluar, Panitia Pemilihan Jamin Akurasi E-Voting 100 Persen

Muktamar muhammadiyah | 18 November 2022, 21:06 WIB
Hari pertama agenda Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, Jumat (18/11) diisi dengan sidang Pleno IV dalam forum Tanwir. (Sumber: Kiki Luqman)

SOLO, KOMPAS.TV - Hari pertama agenda Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, Jumat (18/11/2022) diisi dengan sidang Pleno IV dalam forum Tanwir.

Bertempat di Gedung Djazman Al-Kindi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dalam pleno ini dilakukan pemilihan e-voting.

Dari 92 nama bakal calon anggota Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengerucut menjadi 39 nama saja.

Anggota Panitia Pemilihan (Panlih), Muchlas mengatakan, hasil e-voting dipastikan 100 persen sah.

Keyakinan Muchlas ditopang oleh dua hal, pertama, level akurasi mesin e-voting, dan kedua, pakta integritas dari panitia pemilihan yang mengurus data.

Dari sisi mesin e-voting, kata Muchlas telah menjalani serangkaian tes dari sisi white box dan black box.

Baca Juga: Ojekmu Siap Antar Penggembira Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah, Ini Titik Kumpul dan Tarifnya

“Ini kan aplikasi kita dalam membangunnya menjalani beberapa tes, pertama dari sisi white box-nya yaitu dari sisi speed-nya itu sendiri sudah kita lakukan pengujian, kemudian yang kedua dari black box testnya, jadi misalnya menguji kesesuaian yang dimasukkan dengan output-nya. Jadi ini didampingi oleh seluruh tim panitia pemilihan, jadi pemasukan data-datanya, relasi data dengan yang ada di screen, itu semua sudah kita cek ada disisi black box test-nya,” jelas Muchlas.

Selanjutnya, Muchlas menuturkan bahwa meski akurasi mesin e-voting berstatus zero error dengan akurasi 100 persen. Hal ini diperkuat dengan adanya pakta integritas panlih sehingga keterjaminan akurasi data melebihi angka 100 persen.

 

Penulis : Kiki Luqman Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU