> >

Kematian Sekeluarga di Kalideres Diduga Bunuh diri, Penyidik Gali Motif dan Keterlibatan Pihak Lain

Peristiwa | 16 November 2022, 21:27 WIB
Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto. Menurut Benny, penyidik menemukan adanya indikasi pemicu para korban nekat melakukan bunuh diri dalam kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hingga kini, kepolisian masih terus menyelidiki kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta, beberapa waktu lalu. Kesimpulan sementara, diyakini ada dugaan bunuh diri.

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto menjelaskan, saat ini penyidik masih mendalami motif para korban melakukan bunuh diri dan menelusuri pihak lain yang terlibat.

Menurut Benny, penyidik menemukan adanya indikasi pemicu para korban nekat melakukan bunuh diri. Salah satunya, dugaan para korban mengikuti ajaran tertentu. 

"Ini yang sedang didalami, korban sampai memutuskan langkah itu, apakah ada pihak lain yang mempengaruhi. Artinya ada ajaran yang diberikan dan disampaikan, sehingga korban termotivasi untuk ikut melakukan hal seperti ini," ujar Benny di program Sapa Indonesia Malam KOMPAS TV, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Kompolnas: Lewat Profiling Penyidik Temukan Titik Terang Sebab Satu Keluarga Tewas di Kalideres

Benny menambahkan, saat ini penyidik sedang menelusuri motif dan keterlibatan pihak lain yang menyampaikan ajaran tertentu kepada korban.

Penelusuran ini dilakukan oleh tim digital forensik terhadap dua ponsel milik korban. Mulai dari komunikasi para korban, hingga konten yang diakses para korban. 

Penyidik juga menggali sejumlah saksi dari keluarga korban lain untuk mengetahui hubungan para korban di lingkungan keluarga.

Belakangan diketahui, korban sudah lama tidak berkomunikasi dengan keluarga. Faktor terputusnya komunikasi korban dengan keluarga juga didalami oleh penyidik.

Baca Juga: Satu Keluarga yang Tewas di Kalideres Disebut Anut Sekte Apokaliptik, Ini Penjelasan Polisi

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU