> >

Kabar Duka, Maestro Tari Sekaligus Mantan Dirjen Kebudayaan Prof Edi Sedyawati Tutup Usia

Peristiwa | 12 November 2022, 15:55 WIB
Prof Dr Edi Sedyawati, mantan Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dikabarkan tutup usia pada Sabtu (12/11/2022). (Sumber: ikj.ac.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prof Dr Edi Sedyawati, mantan Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dikabarkan tutup usia pada Sabtu (12/11/2022).

Jenazah wanita yang juga sempat menjadi pengajar seni tari di Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini disemayamkan di rumah duka, Jl Taman Lembang No 21 Menteng dan dimakamkan di TPU Karet.

Mengutip keterangan tertulis di laman resmi IKJ, Prof Edi dikenal sebagai seniman tari (penari, koreografer), penulis, periset, dan arkeolog tanah air.

“Karya-karya tulisan hasil penelitiannya telah diterbitkan oleh berbagai institusi kajian ilmiah dan budaya bergengsi di Indonesia maupun mancanegara dalam berbagai bahasa. Almarhumah adalah salah satu tokoh di saat cikal bakal IKJ lahir,” demikian tertulis di laman resmi IKJ.

Prof Edi Sedyawati mendirikan Jurusan Tari di Institut Kesenian Jakarta di tahun 1970-an.

Baca Juga: Farel Prayoga Dikabarkan Meninggal Dunia, Cek Fakta Sebenarnya

Saat itu, Prof Edi mengandalkan minat dan penelitiannya tentang sejarah tari Jawa dan Bali serta memanfaatkan pengalamannya dalam menyusun kurikulum di tempatnya mengajar di Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Selama beberapa tahun terakhir, Prof Edi sering juga diminta ikut serta dalam simposium, konferensi, seminar, baik di dalam negeri maupun luar negeri, bahkan menari.

“Kiprahnya menjadi inspirasi bagi banyak orang, khususnya bagi para pemuda dan pemudi tanah air serta pegiat kesenian dan kebudayaan, selain para seniman tari.”

Sementara, Bima Sinung Widgdo, anak Prof Edi, menyampaikan kabar duka tersebut melalui akun Instagramnya, @bimasinung.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU