> >

12 Ucapan Selamat Hari Ayah Nasional yang Diperingati setiap 12 November

Gaya hidup | 12 November 2022, 07:43 WIB
Ilustrasi. Hari Ayah Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Berikut 12 ucapan selamat Hari Ayah Nasional yang dapat dijadikan inspirasi. (Sumber: Freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV – 12 November yang jatuh pada hari ini diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Hari Ayah Nasional berbeda dengan Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap minggu ketiga bulan Juni.

Kendati demikian, keduanya memiliki esensi dan makna yang sama, yakni apresiasi dan penghormatan pada sosok ayah.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Dilansir laman Kompas.com, peringatan Hari Ayah di Indonesia diprakarsai oleh paguyuban lintas agama dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Berawal dari PPIP yang merayakan Hari Ibu di Solo, Jawa Tengah dengan mengadakan lomba menulis surat untuk ibu pada 22 Desember 2004.

Kemudian pada akhir acara, mayoritas peserta bertanya terkait penyelenggaraan lomba serupa untuk ayah. Namun, saat itu belum ada agenda nasional untuk memperingati Hari Ayah.

Padahal, ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peranan penting dalam membentuk karakter keluarga.

PPIP pun melakukan audiensi kepada DPRD Surakarta untuk menyusun agenda peringatan Hari Ayah di Indonesia.

Selesai audiensi, tepatnya pada 12 November 2006, PPIP menggelar deklarasi di Pendapi Gede Balai Kota Solo dengan dihadiri ratusan orang dari berbagai kalangan. Melalui jaringan PPIP, deklarasi serupa juga diselenggarakan di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Hari Ayah Sedunia, 5 Rekomendasi Film untuk Ditonton Bersama Ayah, Mumpung Libur

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU