> >

Kapolda Papua: Gubernur Lukas Enembe Nyatakan Siap Terima Tim Dokter dan KPK Siang Ini

Hukum | 3 November 2022, 10:08 WIB
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan tim dari KPK dan IDI Papua akan bertemu terlebih dahulu di Polda Papua. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di rumahnya, Koya Tengah, Jayapura pada Kamis siang ini, (3/11/2022). Hal ini menindaklanjuti pemeriksaan kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang menjadi tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi.

"Memang benar tim KPK bersama tim dokter akan segera menemui Gubernur Enembe," terang Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri di Jayapura, Kamis pagi (3/11/2022), dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, Gubernur Lukas Enembe sudah menyatakan kesiapannya untuk menerima tim dan dokter KPK. Adapun dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga akan mendampingi dokter KPK.

Sebelum ke kediaman pribadi Gubernur Enembe, kata Irjen Pol. Fakhiri, tim dari KPK dan IDI Papua akan bertemu terlebih dahulu di Polda Papua.

"Saya akan dampingi saat tim KPK bertemu dengan Gubernur Enembe," ujar Kapolda Fakhiri.

Menurutnya, kehadiran tim KPK itu dalam rangka penyidikan perkara yang ditanganinya karena hukum tetap harus ditegakkan. Namun, di satu sisi harus melihat sisi kemanusiaannya.

Baca Juga: Soal Kemungkinan Tahan Lukas Enembe, Firli Bahuri: Orangnya Masih Sakit

“Apalagi Gubernur Enembe telah empat kali mengalami serangan stroke,” tuturnya.

Secara manusiawi, lanjutnya, kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan karena sebelum pemeriksaan oleh penyidik apa pun kasusnya akan ada pertanyaan mengenai kesehatan jasmani dan rohani.

Terkait ini, Wakil Ketua Indonesia Corruption Watch Agus Sunaryanto berpendapat hal ini dapat memberikan kepastian soal kesehatan Lukas sekaligus memberi opini kedua apakah dia benar-benar sakit atau tidak.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU