> >

Kemenkes Tegaskan Gangguan Ginjal Akut Pada Anak Tak Terkait Vaksinasi dan Covid-19

Kesehatan | 19 Oktober 2022, 15:00 WIB
Foto ilustrasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan penyakit gangguan ginjal akut pada anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi maupun infeksi Covid-19. (18/10/2020) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan penyakit gangguan ginjal akut pada anak tidak ada kaitannya dengan vaksinasi maupun infeksi Covid-19.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kemenkes M Syahril merespons dugaan adanya keterkaitan antara penyakit gangguan ginjal misterius pada anak dengan Covid-19.

"Dari hasil pemeriksaan tidak ada bukti hubungan kejadian gangguan ginjal akut ini dengan vaksin Covid-19 maupun infeksi Covid-19 yang banyak ditanyakan oleh masyarakat, ada berita banyak di media sosial ini,” kata Syahril dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/10/2022) yang juga dipantau KOMPAS.TV.

Terlebih, ungkap dia, umumnya gangguan ginjal akut menyerang anak dengan usia 1 hingga 5 tahun.

“Sementara program vaksinasi Covid-19 belum menyasar pada anak usia 1 sampai 5 tahun,” jelasnya. 

Sebelumnya, dia juga menegaskan pemeriksaan laboratorium dan penyebab pasti dari gangguan ginjal akut masih terus dilakukan.

Pihaknya, lanjut Syahril telah menggandeng sejumlah ahli epidemiologi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, dan Puslabfor.

Penyelidikan epidemologi dilakukan dengan melakukan pengawasan dan pemeriksaan untuk mengetahui infeksi-infeksi yang menjadi penyebab gagal ginjal akut pada anak.

Pemeriksaan mencakup swab tenggorokan, swab anus, pemeriksaan darah dan kemungkinan intoksifikasi.

Baca Juga: Kemenkes Instruksikan Apotek Setop Jual Obat Sirop Buntut Kasus Gangguan Ginjal Anak

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU