> >

Sesuaikan Standar FIFA, Presiden Jokowi: Stadion Kanjuruhan di Malang akan Kami Runtuhkan

Update | 18 Oktober 2022, 16:58 WIB
Presiden Jokowi memberikan pernyataan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino terkait sepak bola Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menuturkan bahwa Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, akan diruntuhkan dan dibangun kembali sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi, untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kami runtuhkan dan kami bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Presiden Jokowi setelah memberikan pernyataan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022) dilansir dari Antara.

Menurut Jokowi, pembangunan kembali Stadion Kanjuruhan tersebut akan menerapkan fasilitas lebih memadai. 

Stadion Kanjuruhan yang baru, kata Presiden Jokowi, akan menjadi contoh stadion di Indonesia dengan fasilitas yang menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter.

"Sebagai contoh, standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik menjamin keselamatan penonton dan pemain, dan juga suporter," ujarnya.

Anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan tersebut, kata Presiden Jokowi, akan ditanggung oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Bertambah Jadi 133 Orang, Ini Identitasnya

Presiden RI ke-7 itu juga mengatakan bahwa pemerintah Indonesia dan FIFA sepakat untuk mengkaji kelayakan stadion untuk mencegah berbagai potensi yang membahayakan penonton maupun pemain.

“Kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain,” ungkapnya.

 

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Antara/Setkab


TERBARU