> >

Anies Baswedan Pilih Tunggu Keputusan Partai Koalisi dalam Pemilu 2024

Politik | 17 September 2022, 22:23 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/8/22). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anies Baswedan menunggu keputusan partai koalisi jika ada yang mengusungnya untuk maju dalam kontestasi Pemilu 2024. Dalam pertemuan tertutup dengan Jenggala Center, Anies Baswedan lebih banyak membahas seputar Jakarta.

“Saya selesai di Jakarta sesudah itu kita lihat apakah dalam proses demokrasi pemilihan dan lain-lain itu kewenangannya bukan di tangan seseorang tapi ada di partai politik, jadi biarkan partai politik berproses,” ujar Anies, Sabtu (17/9/2022).

Ia percaya partai-partai politik akan mengedepankan kepentingan bangsa negara ketika menyusun koalisi dan menentukan calon-calonnya.

Baca Juga: Siap Jadi Capres 2024, Anies Baswedan Tunggu Partai Pengusung: Kita Tunggu!

Anies enggan berkomentar mengenai partai-partai politik yang sudah berkomunikasi intens dengannya maupun memberikan sinyal.

Ia meminta untuk bersabar menanti masa jabatan yang akan berakhir pada 16 Oktober 2022. Setelah itu Anies Baswedan baru menentukan langkah selanjutnya.

 

Sementara, pada Rapimnas Partai Demokrat, Jumat (16/9/2022) kemarin, dalam pidatonya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dinilai menyiratkan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Penilaian itu diungkap Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno. Menurutnya, ada kecenderungan dalam pidato tersebut AHY ingin menyampaikan perihal dukungannya kepada Anies.

"Persis (soal makna tersirat dukung Anies Capres). Bukan yang lain. Karena yang lain tak ada yang chemistry dengan AHY," paparnya saat dihubungi KOMPAS.TV Sabtu (17/9/2022).

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU