> >

Waspada Cuaca Ekstrem 28 Agustus-3 September, 23 Wilayah Berpotensi Terdampak

Peristiwa | 28 Agustus 2022, 07:47 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem yang akan terjadi di 23 wilayah di Indonesia hari ini, Minggu (28/8/2022) sampai 3 September 2022 berdasarkan prakiraan BMKG. (Sumber: shutterstock via Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini cuaca ekstrem di 23 wilayah Indonesia.

Cuaca ekstrem adalah suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang tidak biasa, yang mempunyai potensi menimbulkan bencana, menghancurkan tatanan kehidupan sosial, atau yang menimbukan korban jiwa manusia.

Peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang diserta kilat di 23 wilayah ini bisa terjadi selama 28 Agustus - 3 September 2022.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, potensi cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari kondisi dinamika atmosfer yang ada.

Baca Juga: BMKG Hari Ini: Gempa 5,2 Mag Guncang Bantul-DIY, Tidak Berpotensi Tsunami, Waspada Susulan

“Saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia,” kata Guswanto, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (27/8/2022).

Guswanto menjelaskan, cuaca ekstrem di Indonesia sepekan ke depan terjadi akibat adanya kondisi dinamika atmosfer terkini.

Kondisi tersebut menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang meningkatkan pola konvektivitas.

BMKG juga memprediksi aktifnya fenomena Madden Jullian Oscilation (MJO) dan gelombang Rossby turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Adapun, potensi pertumbuhan awan hujan ini cukup merata di beberapa wilayah dalam beberapa hari ke depan.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas.com


TERBARU