> >

Cerita SBY Mencintai sang Isteri dan Bola Voli, hingga Lahirkan LavAni, Juara Proliga 2022

Sosok | 17 Agustus 2022, 08:38 WIB
Bogor LavAni, klub voli besutan SBY yang langsung menjuarai Proliga 2022 pada debut atau musim pertamanya. (Sumber: Kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dikenal sebagai pribadi yang inspiratif.

Baru-baru ini, ia membagikan sepotong fragmen hidupnya, ketika menyampaikan kuliah umum di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), bertajuk "A Better World is Possible", Selasa (16/8/2022).

Disorot ribuan civitas akademika UKM, putra daerah Pacitan itu memperkenalkan tim bola voli besutannya.

"Saya membawa tim voli. Ya, Anda tak salah dengar, tim bola voli," katanya, disampaikan dalam Bahasa Inggris, sebagaimana ia lakukan sejak awal hingga akhir pidato.

"Saya mencintai olahraga bola voli sepanjang hidup saya," imbuh SBY, disambut tepuk tangan riuh dari hadirin.

Ia lantas bercerita, pernah tergabung dalam klub voli di jenjang sekolah menengah. Hobinya itu juga tersalurkan ketika SBY bisa masuk tim voli akademi militer.

Baca Juga: SBY Sebut G20 Saat Ini Sudah Terpecah, Beda dengan Zamannya

"Ketika saya menjadi Presiden, salah satu kegiatan rekreasi favorit saya adalah bermain bola voli dengan security saya, tentu saja, saat mereka sedang tidak bertugas," kata SBY.

"Pada awalnya agak frustasi, karena entah bagaimana mereka akan selalu membiarkan saya menang. Mereka mengalah biar saya senang," ungkapnya.

Berawal dari sekadar hobi, ada satu momen yang membuat SBY memutuskan untuk merambah dunia voli kompetitif. Momen itu datang ketika istrinya, Ani Yudhoyono, meninggal pada 2019 lalu.

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU