> >

Duh, Empat Instansi Pemerintah Ini Predikat Bebas Korupsinya Dicabut

Peristiwa | 6 Juli 2022, 06:26 WIB
Ilustrasi perbuatan korupsi (Sumber: Tribun Banyumas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di empat unit kerja instansi pemerintah dicabut oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Lokasi instansi yang dicabut berada di Surabaya, Yogyakarta, hingga Ogan Komering Ulu Timur. Untuk instansi yang di luar negeri yang dicabut predikatnya yakni berada di Singapura.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Erwan Agus Purwanto mengungkapkan pencabutan berkaitan dengan maladministrasi unit kerja yang sudah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi.

"Predikat Zona Integritas harus benar-benar menggambarkan kondisi di lapangan," jelas Erwan dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

"Maka saat unit kerja/satuan kerja atau kawasan sudah tidak memenuhi kriteria menuju WBK/WBBM, predikatnya harus dicabut," lanjutnya.

Baca Juga: Suami Istri Anggota Polres Blora Janji Kembalikan Uang Korupsi Rp3 M, Berharap Hukuman Dikurangi

Keempat WBK yang cabut yakni Pengadilan Negeri Surabaya, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kota Yogyakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, dan Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu Timur.

Walhasil unit/satuan kerja atau kawasan itu tak bisa mengajukan lagi predikat Wilayah Bebas Korupsi dalam dua tahun setelah pencabutan diterbitkan.

Alasan pencabutan predikat Wilayah Bebas Korupsi

Pengadilan Negeri Surabaya yang mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi pada 2019, dicabut 3 Februari 2022 silam.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas.com


TERBARU