> >

Profil Lili Pintauli Siregar, Wakil Ketua KPK yang Dikabarkan Mengundurkan Diri Jelang Sidang Etik

Sosok | 4 Juli 2022, 10:24 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar yang dikabarkan mengundurkan diri jelang sidang etik (Sumber: KompasTV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lili Pintauli Siregar kini menjadi sorotan publik lantaran dikabarkan akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kabar tersebut beredar seiring dengan munculnya jadwal sidang etik terhadap Lili oleh Dewan Pengawas KPK terkait dugaan penerimaan akomodasi penginapan dan tiket nonton MotoGP Mandalika dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Lantas siapakah Lili Pintauli Siregar itu? Berikut simak profilnya.

Profil Lili Pintauli Siregar

Lili Pintauli Siregar merupakan seorang advokat Indonesia yang lahir pada 9 Februari 1966.

Perempuan asal Sumatera Utara ini merupakan lulusan sarjana dan magister hukum di Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Medan.

Sebagai pegiat hukum, Lili diketahui mengawali kariernya pada 1991-1992 dengan menjadi asisten pembela umum di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan.

 

Kemudian, pada 1992-1993 Lili bekerja di kantor advokat Asamta Parangiunangis, SH & Associates.

Pada 1994, Lili mulai aktif di Pusat Bantuan dan Penyadaran Hukum Indonesia (Pusbakumi) Medan hingga menjadi Direktur Eksekutif Pusbakumi pada 1999-2002.

Lama bergelut di dunia hukum, kemudian sukses mengantarkan Lili menjadi Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) selama dua periode, mulai dari 2008-2013 hingga 2013-2018.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU