> >

9 Kali Dapat Opini WTP, Kapolri Listyo Ingatkan Jajaran Pakai Uang Negara secara Transparan

Peristiwa | 29 Juni 2022, 01:10 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam jumpa pers di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Jumat (8/4/2022). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk menggunakan uang negara secara transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pesan itu disampaikan Kapolri Listyo usai menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) di Mabes Polri, Selasa (28/6/2022).

Dalam sembilan tahun terakhir Polri mempertahankan predikat opini WTP dari BPK. Opini WTP terakhir diterima Polri atas laporan keuangan tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Kapolri Bentuk Tim Peneliti Putusan Etik Brotoseno, Ada 12 Personel dan Kerja Paling Lama 14 Hari

Listyo menyatakan, Polri selalu berkomitmen agar pemanfaatan dan penggunaan keuangan negara bisa dipertanggungjawabkan.

Ke depan komitmen pemanfaatan dan penggunaan keuangan negara secara transparan, akuntabel serta bisa dipertanggungjawabkan bakal terus ditingkatkan.

"Tentunya ini menjadi komitmen kami. Kami akan terus melakukan perbaikan untuk tahun-tahun ke depan," ujar Listyo.

Listyo juga menekankan Polri terus mengawal program dan kebijakan pemerintah, serta mendorong pemasukan atau penambahan terkait dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Ganti 11 Kapolres, Berikut Daftar Namanya

"Mengawal kebijakan pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi, menjaga agar APBN tetap bisa berjalan dengan baik di situasi yang ketidakpastian ini dengan mengawal berbagai strategi, transformasi ekonomi," ujar Listyo.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU